Curug Cikondang Dan Keindahan Kolam Biru Yang Tersembunyi

Curug Cikondang. Doc Pribadi

Bagi rekan-rekan yang membaca artikel blog saya belakangan ini, bisa jadi anda terheran-heran, mengapa dua artikel saya sebelumnya membahas mengenai curug di daerah bogor. Bukan tanpa sebab saya menulis demikian, soalnya saya sedang memiliki project pribadi, yakni mengexplore kawasan wisata yang berada di daerah Bogor. Kebetulan yang ingin saya eksplorasi pertama adalah Kawasan Wisata Gunung Salak Endah yang memiliki banyak air terjun yang tidak akan ada habisnya untuk dijelajahi.

Curug yang saya kunjungi kali ini adalah Curug Cikondang atau Curug Ngumpet 2. Curug tersebut masih disatu kawasan wisata yang sama dengan Curug Cigamea. Curug ini merupakan salah satu curug favorit yang sering saya datangi. Mengapa demikian?, berikut kelebihannya :
  1. Curug Cikondang infrastruktur jalannya sudah sangat baik dan track nya lebih landai bila dibanding dengan beberapa curug yang lain. Jadi, saya rasa cukup aman untuk membawa keluarga ke lokasi ini.
  2. Aliran sungai sangat jernih dan bersih, sangat sedap dipandang dan menimbulkan gairah untuk nyebur ke air yang jernih tersebut.
  3. Curug ini memiliki kolam yang cukup luas, selain itu hanya terdapat sedikit batuan besar yang berada pada kolamnya, jadi untuk anak-anak, bisa bermain air dengan lapang.
  4. Terdapat gazebo yang langsung mengarah ke curug dan sangat bermanfaat bagi anda yang tidak bermain air namun masih ingin memandangi keindahan air terjun dengan posisi nyaman.
  5. Fasilitas toilet, kamar ganti, musholla dan warung sudah tersedia dilokasi ini.
Water Trekking Green Canyon. Doc Pribadi

Dibagian lain curug ini masih ada loh tempat yang menarik untuk dieksplorasi, lokasi tersebut menjadi lokasi favorit saya pula, lokasinya cukup tersembunyi dan saya rasa belum lama dibuka tracknya. Di dalam lokasi Curug Cikondang, nanti anda akan melihat loket, posisinya disebelah kanan dan terdapat jalan naik ke atas bukit. Jalan tersebut merupakan jalur ke Curug Pangeran, tapi saya tidak akan mengunjungi Curug Pangerannya, yang akan saya kunjungi adalah Balong Endah yang lokasinya sebelum curug pangeran.

Untuk menjelajah ke lokasi yang saya sebutkan tadi, anda harus bayar karcis lagi Rp.7.500/orang, menyebalkan memang mesti bayar lagi, tapi sesekali perlu dicoba juga soalnya di lokasi yang diatas nanti lebih menarik dan menantang. Tantangan pertama ialah menyusuri tangga ke atas yang saya perkirakan jumlahnya sekitar 100-an anak tangga. Setelah itu kita akan menyusuri jalan setapak yang kanan kirinya masih rimbun pepohonan. 20 meter ke depan ada papan petunjuk "water trekking" green canyon, jika anda ingin merasakan sensasi water trekking silahkan ikuti arah jalan sesuai papan petunjuk tapi jika tidak, anda bisa berjalan lurus lagi menuju kolam air jernih berwarna hijau tosca yang masyarakat setempat namai Balong Endah.

Selfie Di Depan Balong Endah. Doc Pribadi
Balong Endah merupakan kolam alami yang terbentuk dari aliran sungai yang mengairi Curug Pangeran hingga ke Curug Cikondang yang berada dibawahnya. Kolam ini menjadi tempat favorit saya untuk berenang, karena airnya yang sangat jernih dan alirannya tenang. Lokasinya yang berada dibawah jembatan dan diapit dua tebing sangat cocok pula untuk dijadikan objek foto.

A video posted by Indra Gumilar (@ir2brothers) on

Sedikit tips dari saya buat anda yang ingin berwisata air terjun dan bermain air. Datanglah pada saat musim kemarau karena debit air di musim kemarau cenderung lebih tenang dan aman untuk dipakai berenang. Namun di Pegunungan kadang cuaca tidak bisa diprediksi, bisa jadi hujan secara tiba-tiba, biasanya siang menjelang sore, maka dari itu alangkah baiknya datang sekitar pukul 9 - 10 pagi.



12 komentar:

  1. Kayaknya bagus juga ,cocok buat liburan akhir tahun nih kayaknya. Udah ada fasilitas penginapan ? Dan tiket masuknya berapa gan ? jika berkenan bisa kunjungi blog saya yang membahas tentang wisata di wisatadankuliner.com thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak Villa yang bagus kok disana, dari yang murah sampai yg mahal kayak The Michael Resort. Untuk masuk ke pintu gerbang Rp.12.500,- ke kawasan air terjunnya Rp.7.500,-/org

      Hapus
  2. trimakasih sebelumnya infonya,,mungkin tempan wisata tersembunyi ini ane bisa jadi orang yang masih langka untuk ke sana,,sepertinya juga tempatnya indah ,,,air terjungnya brp meter ea?

    BalasHapus
  3. Perasaan dulu jalan ke Curut cikonang masih terjal alias belum rata, dulu waktu jaman liburan ke rumah temen wkwk, nice info bisa jadi bahan referensi agar update tempat liburan saya jaman dulu sama temen"

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah dikelola sm masyarakat sekitar, makanya banyak loket tiket masuknya :v

      Hapus
  4. kereen....
    jika saya menggunakan kendaraan mobil, batas akhir lintas mobil dimana gan?
    dan berapa lama berjalan kaki untuk sampai ke balong endah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Patokan pertama IPB Dramaga, dari IPB dramaga ikutin arah jalan ke arah Leuwiliang, tapi ga sampe leuwiliangnya. Nnt pas di daerah ciampea belok ke kiri dipertigaan cikampak, tanya org2 pst pd tau. Habis itu tinggal lurus naik keatas (lurus disini mksdnya ikutin jalan utama ga belok dipertigaan), nnt mentok2 pintu gerbang Gunung Salak Endah, dr situ jalan maju lagi sekitar 1-2 km nama lokasinya curug cikondang/curug ngumpet 2, tanya warga disitu pst udh pd tau. Dlm curug nnt naik lagi ke atas sekitar 10 menit jalan kaki.

      Hapus
    2. Pasti seru neh, maen ke wilayah bogor

      Hapus
  5. Keren tempatnya begitu juga nama curugnya

    BalasHapus

|Mohon Diperhatikan Rulenya|

Dimohon agar tidak menyertakan link pada isian komentar yang rekan sekalian tulis, karena akan dianggap spam & dengan berat hati saya hapus. Sudah disediakan pilihan identitas name/url untuk menuju ke blog anda, mohon gunakan sebaik mungkin :)

Diberdayakan oleh Blogger.